Blog ini menampilkan Koleksi Barang Koeno

Mulai saat ini untuk mendapatkan barang kuno lainnya silakan kunjungi juga WARUNG KUNO

Sementara bagi para kolektor dan pecinta sepeda onthel dapat mengakses WARUNG ONTHEL

Semua blog diatas masih berada dalam layanan satu atap dengan Griya Kuno.

Terima kasih atas kunjungan anda.

Selasa, 21 Juli 2009

Mainan Kaleng "Bus Coach"

(Kode: GK 67)
Kalau pada posting yang lalau ada koleksi ambulance, kali ini masih kategori tin toy car berbahan seng atau kaleng akan tetapi berupa bus. Dengan kondisi NOS (New Old Stock) dan masih lengkap dengan kardus pembungkusnya.
Saya jadi ingat ketika saya kecil dulu. Mainan kaleng seperti ini mungkin hanya dimiliki oleh segelintir orang di desaku. Mungkin selain peredaraan mainan ini hanya terfokus dikota juga karena harga mainan ini tidak terjangkau lantaran saat itu masih termasuk jenis mainan berkelas. Dari segelintir orang yang memiliki mainan seperti ini adalah mereka yang orang tua atau saudaranya sering pergi ke kota atau bekerja di kota.
Maklum desa kami saat itu cukup jauh dari pusat kota. Masih harus menempuh perjalanan 10 km lebih. Dan jangan dibayangkan jarak tersebut untuk jaman sekarang yang emang udah banyak kendaraan umum maupun pribadi. Untuk naik kendaraan umum saja saat itu harus rela menunggu lama, dan giriliran ada maka mau tidak mau harus bercampur dengan dagangan pasar berupa sayuran, atau hewan seperti ayam, angsa, marmut, kelinci atau kambing dll. Maklum mobil omprengan langganan pedagang yang sama-sama mau ke kota. Itu baru sedikit gambaran untuk menuju kota kecil terdekat dari desaku yaitu kota Muntilan. Untuk menuju pusat kota kabupaten Magelang butuh 20 km dari desa saya.
Jadi sudah barang tentu mainan seperti ini jarang beredar di desaku saat itu. Sebagai gantinya Mainan mobilan dari pelepah pisang atau dari bekas sandal dan mainan kayu yang lazim saya jumpai saat itu.

Tidak ada komentar: